Aplikasi Percetakan 3D

Aplikasi Percetakan 3D yang Sangat Berguna

Beberapa orang mungkin melihat percetakan 3D hanya sebagai cara untuk membuat pernak-pernik yang menyenangkan. Kenyataannya, percetakan 3D telah berkembang dengan cara yang menakjubkan dan memajukan berbagai bidang mulai dari arsitektur, manufaktur, hingga perawatan kesehatan modern.

Ada banyak perangkat lunak percetakan 3D di luar sana untuk setiap tahap alur kerja anda. Mulai dari persiapan model 3D untuk dicetak, mendesain model 3D dari awal, hingga jika anda benar-benar seorang pemula. Anda mungkin perlu memahami alur kerja percetakan 3D untuk memulai. Berita baiknya, perangkat lunak percetakan 3D gratis untuk siswa, perdidik, bahkan proyek terbuka.

TinkerCAD

ThinkerCAD

TinkerCAD adalah aplikasi CAD (Computer-aided design) berbasis web dari Autodesk yang cocok untuk pemula. Menggunakan konsep blok bangunan sederhana, anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membangun model 3D dari bentuk dasar. Ini membuat TinkerCAD menjadi alat yang sangat baik untuk membuat desain geometris. Selain itu, anda juga dapat membuat bentuk geometris (vektor) dalam 2D dan mengubahnya menjadi model 3D.

Perangkat lunak percetakan 3D ini mempunyai fitur yang terbatas di banding rekan-rekannya seperti SketchUp, FreeCAD, dan Blender. Jadi, untuk membuat desain yang lebih rumit, kami sarankan anda untuk beralih ke perangkat lunak yang lebih kuat.

Namun, jika anda ingin memulai perjalanan anda dalam dunia desain 3D, maka TinkerCAD menjadi pilihan yang tepat. Di situs web resmi mereka, anda dapat menemukan banyak tutorial dan pelajaran desain 3D untuk mempercepat proses pembelajaran.

Cura

Cura

Cura adalah aplikasi percetakan 3D dari Ultimaker, produsen printer 3D terkemuka yang cocok untuk para pemula. Perangkat lunak ini bersifat open source dan dapat digunakan untuk sebagian besar printer 3D lainnya. Sebagai salah satu slicer percetakan 3D paling populer, ada kemungkinan besar bahwa pergaturan profil optimal untuk printer 3D anda sudah tersedia, sehingga mudah untuk memulai.

Tidak seperti TinkerCAD, Cura adalah slicer percetakan 3D yang dapat anda gunakan untuk membuat model 3D dengan mengirisnya menjadi lapisan sebagai G-Code untuk printer. Cura juga dapat digunakan sebagai failsafe untuk model anda,hal ini dapat memberi tahu anda jika ada masalah dengan struktur model anda yang dapat menyebabkan masalah saat percetakan. Fitur ini memastikan anda tidak membuang-buanga bahan cetak dan waktu anda.

Sculptris

SCULPTRIS

Berbeda dengan TinkerCAD yang sangat bagus untuk membuat desain geomtris, Sculptris menawarkan pengalaman untuk anda yang ingin membuat sesuatu lebih organik. Perangkat lunak sederhana ini cukup mudah digunakan dan menawarkan beberapa fitur utama yang akan membantu anda membuat patung 3D yang menakjubkan. Seperti ketika anda ingin membuat patung karakter favorit anda dari video game atau buku komik.

Pada dasarnya, fungsionalitas inti pada Sculptris disamakan dengan pemodelan tanah liat. Sculptris ditargetkan untuk para pemula, namun tetap dikemas dengan beberapa fitus mengesankan yang membuat proses pemahatan 3D semudah mungkin.

Meskipun gratis, Sculptris hanya dapat membuat patung 3D yang sangat mendasar. Untuk memperbaiki desain anda ketingkat yang lebih tinggi, anda perlu perangkat lunak premium seperti ZBrush yang memang dirancang khusus agar kompatibel dengan Sculptris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *