Aplikasi Render

Perangkat Lunak Untuk Render 3D

Render 3D merupakan tahapan terakhir dari proses animasi 3D. Hal ini diperlukan untuk mengubah model 3D yang hanya dapat dilihat perangkat lunak khusus menjadi gambar atau film yang bisa dilihat di komputer dan perangkat seluler kita.

Jika anda seorang pemula dalam dunia desain pemodelan 3D, visualisasi arsitektur, dan film animasi, maka akan sangat sulit untuk memilih perangkat lunak yang tepat untuk membantu bisnis atau proyek anda.Karena masing-masing perangkat lunak rendering 3D memiliki persamaan dan masalah yang berbeda. Kami mencoba untuk membuat daftar dan menemukan perangkat lunak render 3D yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda.

V-Ray

V-RAY

V-ray dianggap sebagai salah satu perangkat lunak render 3D terbaik dan paling banyak digunakan sampai sekarang ini. Selain karena kecepatan dan kualitasnya yang tinggi V-ray juga menawarkan koleksi bahan dan tektsur yang dapat memberi anda realisme menakjubkan.

Perangkat lunak luar biasa ini dibuat untuk membantu pengguna menciptakan realitas bayangan, cahaya, dan warna. V-ray adalah alat luar biasa yang menawarkan beberapa tingkat pilihan yang berbeda dan banyak keserbagunaan. Ia memiliki set fitur yang komprehensif dan memungkinkan tim profesional mencapai kualitas yang luar biasa. Namun, untuk mencapai itu anda perlu mempelajari fitur-fitur canggih di dalamnya yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Hal menakjubkan lain dari aplikasi ini adalah dapat digunakan dengan perangkat lunak render populer lainnya menggunakan Plugin.

V-ray cocok untuk setiap tahap dalam pengembangan 3D artist, mulai dari pemula hingga profesional yang berpengalaman. Banyak ahli mengatakan bahwa perangkat lunak ini adalah pilihan terbaik untuk penyesuaian pencahayaan dan bayangan. Kita semua tahu betapa pentingnya pencahayaan dan bayangan untuk memberikan gambar yang sempurna.

Octane Render

Octane-Render

Meskipun relatif baru di dunia perangkat lunak render 3D, Octane mampu menggabungkan proses rendering yang cepat dengan kualitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan aplikasi ini menggunakan kartu grafis Nvidia(GPU) dan bukan CPU seperti perangkat lunak lainnya. Dalam praktiknya, waktu nyata untuk render final bisa lebih cepat 10x hingga 50x, fitur ini akan meningkatkan alur kerja anda karena setiap perubahan ditampilkan secara instan dengan kualitas tinggi.

Hebatnya lagi, perangkat lunak rendering 3D ini mampu menangani beberapa masalah kompleks yang sulit untuk dilakukan pesaingnya. Misalnya, ia dapat menangani penyebaran dibawah permukaan, kedalaman bidang dan gerakan blur tanpa tersendat. Versi terbaru sudah termasuk OpenSL dan OpenVDB untuk menangani simulasi partikel. Sayangnya, Octane hadir dengan editor materi berbasis node yang terkadang mengalami bug.

Lumion

Lumion

Mungkin anda akan bertanya-tanya apa perbedaan antara Lumion dengan perangkat lunak render 3D lainnya. Nyatanya, Lumion memiliki keunggulan yang signifikan, yang dengan bangga mereka puji dalam pemasaran. Lumion dikembangkan untuk diintegrasikan dengan perangkat lunak CAD dan perangkat lunak render 3D lainnya. Ia juga memliki antarmuka pengguna yang sangat baik, sehingga cocok untuk digunakan  siswa, desainer, bahkan arsitek yang ingin menggunakannya dirumah.

Selain itu, Lumion juga merender dalam waktu nyata, hal ini memudahkan anda saat menciptakan tampilan dan nuansa produk yang lebih hidup. Untuk meningkatkan hasil rendering, perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan perpustakaan aset yang luas, mulai dari langit, rumput, air, bahan, orang, pohon, tanaman, dan aset lainnya. Secara mengesankan, Lumion dapat menangani ribuan aset ini dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *